Jual Beli Forex Dalam Islam


Puji Syukur kehadirat Allah l'Altissimo yang Telah melimpahkan Rahmat dan KARUNIA-Nya kepada penulis sehingga dapat menyelesaikan tugas makalah Tata Niaga Peternakan dengan judul 8220Pengertian Dan Dasar Hukum Jual Beli, Rukun Dan condizioni Costi Jual Beli, Beli Serta Jual Yang Dilarang Dalam Islam 0,8221 Penulisan makalah ini merupakan salah satu tugas yang Telah diberikan Oleh Dosen pembimbing mata kuliah Tata Niaga Peternakan. Shalawat Dan salam Buat Junjungan UMAT, Nabi Muhammad SAW yang Telah membuka mata dunia akan pentingnya arti Pendidikan sehingga kita Bisa menikmati dunia Pendidikan yang Penuh dengan ilmu pengetahuan. Penulis Telah berusaha semaksimal mungkin, Namun dengan kerendahan hati penulis menyadari bahwa makalah ini Masih Jauh Dari kesempurnaan. Oleh sebab ITU penulis mengharap kritik dan saran atas kekurangan dan kekeliruan yang Tidak penulis sadari demi kesempurnaannya. Semoga makalah ini dapat berguna dan bermanfaat Bagi pembaca. Pekanbaru, Mei 2013 1.1 Latar Belakang Jual beli Adalah prose pemindahan hak milikbarang atau harta kepada pihak rimasto dengan menggunakan uang sebagai alat tukarnya. Menurut etimologi, Jual beli Adalah pertukaran sesuatu dengan sesuatu (di Più). Kata rimasto dari Jual Beli Adalah al-ba8217i, ASY-syira8217, al-mubadah, dan at-tijarah. Landasan atau dasar hukum mengenai Jual beli ini disyariatkan berdasarkan Al-Qur8217an, Hadist Nabi, dan Ijma8217. Hukum Jual beli pada dasarnya dibolehkan Oleh AJARAN islam. Kebolehan ini didasarkan kepada Firman Allah yang terjemahannya sebagai berikut. 82208230. Janganlah kamu memakan harta diantara kamu dengan Jalan Batal melainkan dengan Jalan Jual beli, Suka sama suka8230.8221 (q. s. An-Nisa8217. 29). Rukun Dan condizioni Costi Jual Beli Adalah ketentuan-ketentuan Dalam Jual beli yang Harus dipenuhi agar Jual belinya SAH menurut syara8217 (hukum islam). Rukun Jual Beli: Dua pihak membuat akad penjual dan pembeli Objek akad (barang dan di prezzo) Ijab qabul (perjanjianpersetujuan) Barang - barang Yang terlarang diperjual belikan Adalah. Barang yan g haram dimakan, Khamar, buah-Buahan yang dapat Belum dimakan, aria, barang-barang yang Samar dan barang - barang yang dapat dijadikan Sarana ma8217shiyat. 1. Mahasiswa dapat mengetahui pengertian dan dasar hukum Jual beli. 2. Mahasiswa dapat mengetahui barang yang terlarang belikan diperjual. 3. Mahasiswa dapat mengetahui Rukun condizioni Costi Jual beli. Yang MANA Allah l'Altissimo berfirman Dalam Surat An-Nisa. 29 8220Hai orang-orang yang beriman janganlah kamu makan harta sesamamu dengan Jalan Yang bathil, kecuali dengan Jalan Perniagaan yang berlaku dengan Suka Suka sama diantara kamu8221 (QS. An-Nisa. 29). 8220Allah Telah menghalalkan Jual beli dan mengharamkan riba8221 (QS. Al-Baqara. 275). Nabi, yang mengatakan: 8221 Suatu ketika Nabi SAW, ditanya tentang mata pencarian yang paling Baik. Beliau menjawab, 8217Seseorang bekerja dengan tangannya dan setiap Jual Beli Yang mabrur.8221 (HR. Bajjar, Hakim Yang menyahihkannya dari Rifa8217ah Ibn Rafi8217). Maksud Mabrur Dalam hadist Adalah Jual beli yang terhindar Dari Usaha Tipu-menipu dan merugikan orang rimasto. Ulama Telah Sepakat bahwa Jual beli diperbolehkan dengan Alasan bahwa manusia Tidak akan mampu mencukupi kebutuhan dirinya, Tanpa bantuan orang rimasto. Namun demikian, bantuan atau barang Milik orang yang rimasto dibutuhkannya ITU, Harus diganti dengan barang lainnya yang sesuai. Mengacu kepada Ayat-Ayat Al Qur8217an dan hadist, hukum Jual beli Adalah mubah (boleh). Namun pada situasi tertentu, hukum Jual beli itubisa berubah menjadi Sunnah, wajib, haram, dan makruh. 1Tempmsohtmlclip101clipimage005.jpg Berikut ini Adalah contoh bagaimana hukum Jual beli Bisa berubah menjadi Sunnah, wajib, haram, atau makruh. Jual beli hukumnya Sunnah, misalnya Dalam Jual beli barang yang hukum menggunakan barang Yang diperjual-belikan ITU Sunnah seperti Minyak Wangi. Jual beli hukumnya wajib, misalnya Jika ada Suatu ketika para pedagang menimbun Beras, sehingga stok Beras sedikit dan mengakibatkan harganya gioco di parole melambung Tinggi. Maka pemerintah boleh memaksa para pedagang Beras untuk menjual Beras yang ditimbunnya dengan di prezzo sebelum terjadi pelonjakan di prezzo. Menurut Islam, para pedagang Beras tersebut wajib menjual Beras yang ditimbun sesuai dengan ketentuan pemerintah. Jual beli hukumnya haram, misalnya Jual beli yang Tidak memenuhi Rukun dan condizioni Costi yang diperbolehkan Dalam islam, Juga mengandung Unsur penipuan. Jual beli hukumnya makruh, apabila barang Yang dijual-belikan ituhukumnya makruh seperti rokok. 2.3 Rukun Dan condizioni Costi Jual Beli Rukun dan condizioni Costi Jual Beli Adalah ketentuan-ketentuan Dalam Jual beli yang Harus dipenuhi agar Jual belinya SAH menurut syara8217 (hukum islam). Rukun Jual Beli: Dua pihak membuat akad penjual dan pembeli Objek akad (barang dan di prezzo) Ijab qabul (perjanjianpersetujuan) a. Orang yang melaksanakan akad Jual Beli (penjual Dan pembeli) condizioni Costi-yang condizioni Costi Harus dimiliki Oleh penjual dan pembeli Adalah. 1. Berakal, Jual belinya orang Gila atau rusak akalnya dianggap Tidak sah. 2. Baligh, Jual belinya anak kecil yang Belum baligh dihukumi Tidak sah. tetapi Akan, Jika anak ITU Sudah mumayyiz (mampu membedakan baik atau Buruk), dibolehkan melakukan Jual Beli terhadap barang-barang yang harganya Murah seperti. Permen, Kue, kerupuk, dll. 3. Berhak hartanya menggunakan. Orang yang Tidak berhak menggunakan harta Milik orang yang Sangat bodoh (idiota) Tidak sah Jual belinya. Firman Allah (q. s. An-Nisa8217 (4): 5): b. Sigat atau Ucapan Ijab dan Kabul. Ulama fiqh Sepakat, bahwa Unsur Utama Dalam Jual beli Adalah kerelaan Antara penjual dan pembeli. Karena itu kerelaan berada Dalam hati, Maka Harus diwujudkan melalui ucapan ijab (Dari pihak penjual) dan Kabul (Dari pihak pembeli). Adapun condizioni Costi-condizioni Costi ijab Kabul Adalah. 1. Orang yang mengucap ijab Kabul Telah Akil baliqh. 2. Kabul Harus sesuai dengan ijab. 3. Ijab Dan Kabul dilakukan Dalam majlis Suatu. c. Barang Yang Diperjual Belikan Barang Yang diperjual-belikan Harus memenuhi condizioni Costi-yang condizioni Costi diharuskan, Antara lain. 1. Barang Yang diperjual-belikan halal ITU. 2. Barang ITU ada manfaatnya. 3. Barang itu ada ditempat, atau Tidak ada ada TAPI ditempat Lain. 4. Barang ITU merupakan Milik si penjual atau dibawah kekuasaanya. 5. Barang ITU hendaklah diketahui Oleh pihak penjual dan pembeli dengan Jelas, Baik zatnya, bentuknya dan kadarnya, maupun sifat-sifatnya. d. Nilai Tukar Barang Yang dijual (pada Zaman moderno sampai sekarang ini berupa uang). Adapun condizioni Costi-condizioni Costi bagi nilai Tukar barang yang dijual Adalah ITU. 1. di prezzo disepakati Jual penjual dan pembeli Harus Jelas jumlahnya. 2. Nilai Tukar barang ITU dapat diserahkan pada waktu transaksi Jual beli, walaupun Secara hukum, misalnya pembayaran menggunakan kartu Kredit. 3. Apabila Jual beli dilakukan Secara baratto atau Al-muqayadah (nilai Tukar barang yang dijual Bukan berupa uang tetapi berupa uang). 2.4 Hal Hal-Yang Terlarang Dalam Jual Beli Beli Jual dapat Visualizzati di recente dari beberapa sudut Pandang, Antara rimasto ditinjau dari Segi SAH atau Tidak SAH dan terlarang atau Tidak terlarang. 1. Jual beli yang SAH dan tidak terlarang yaitu Jual beli Yang terpenuhi Rukun-Rukun dan condizioni Costi-syaratnya. 2. Jual beli yang terlarang dan tidak SAH (bathil) yaitu Jual Beli yang salah Satu Rukun atau syaratnya Tidak terpenuhi atau Jual beli ITU pada dasar dan sifatnya Tidak disyariatkan (disesuaikan dengan AJARAN islam). 3. Jual beli yang SAH TAPI terlarang (fasid). Jual beli ini hukumnya SAH, Tidak membatalkan AKAD Jual beli, tetapi dilarang Oleh Islam Karena sebab-sebab rimasto. 4. Terlarang sebab Ahliah (Ahli Akad). Ulama Telah Sepakat bahwa Jual beli dikategorikan SAH apabila dilakukan Oleh baliqh orang yang, berakal, dapat memilih. Mereka yang dipandang Tidak SAH Jual belinya sebagai berikut. Jual beli yang dilakukan Oleh gila orang. Jual beli yang dilakukan Oleh Anak Kecil. Terlarang dikarenakan Anak kecil Belum cukup dewasa untuk mengetahui perihal tentang Jual beli. Jual beli yang dilakukan Oleh buta orang. Jual beli ini terlarang Karena ia Tidak dapat membedakan barang yang Jelek dan barang yang Baik. Jual beli terpaksa 5. Jual beli fudhul Adalah Jual beli Milik orang Lain Tanpa Seizin pemiliknya. 6. Jual beli yang terhalang. Terhalang Disini artinya Karena bangkrut, kebodohan, atau gioco di parole sakit. 7. Jual beli malja8217 Adalah Jual beli orang yang Sedang Dalam Bahaya, yakni untuk menghindar dari perbuatan Zalim. 8. Terlarang Sebab Shigat. Jual beli yang Antara ijab dan kabulnya Tidak ada kesesuaian maka dipandang Tidak sah. Beberapa Jual beli yang termasuk terlarang sebab shiqat sebagai berikut. Jual beli Mu8217athah. Jual beli yang Telah disepakati Oleh pihak akad, berkenaan dengan barang maupun harganya, tetapi Tidak memakai ijab Kabul. Jual beli melalui Surat atau melalui Utusan dikarenakan Kabul yang melebihi Tempat, akad tersebut dipandang Tidak SAH, seperti Surat Tidak sampai ketangan orang yang dimaksudkan. Jual beli dengan condizioni Costi atau tulisan. Apabila isyarat Dan tulisan Tidak dipahami dan tulisannya Jelek (Tidak dapat dibaca), Maka AKAD Tidak sah. Jual beli Barang yang ada Tidak ditempat AKAD. Terlarang Karena Tidak memenuhi condizioni Costi in8217iqad (terjadinya AKAD). Jual beli Tidak bersesuaian Antara ijab dan Kabul. Jual beli munjiz Adalah yang dikaitkan dengan Suatu condizioni Costi atau ditangguhkan pada waktu yang akan Datang. 9. Terlarang Sebab Ma8217qud Alaih (Barang jualan) Ma8217qud alaih Adalah harta yang dijadikan alat pertukaran Oleh orang yang akad, Yang biasa disebut Mabi 8217 (barang jualan) dan di prezzo. Tetapi ada yang beberapa masalah disepakati Oleh ulama sebagian, tetapi diperselisihkan, Antara rimasto. Jual beli Benda yang ada Tidak atau dikhwatirkan Tidak ada. Jual beli yang dapat Tidak diserahkan. Contohnya Jual beli burung yang ada di udara, dan ikan yang ada didalam Tidak aria berdasarkan ketetapan syara8217. Jual beli gharar Adalah Jual beli barang yang menganung Unsur menipu (gharar). Jual beli Barang yang najis dan yang terkena najis. Contohnya. Jual beli bangkai, Babi, dll. Jual beli aria Jual beli barang Yang Tidak Jelas (majhul). Terlarang dikarenakan Akan mendatangkan pertentangan di Antara manusia. Jual beli yang ada Tidak ditempat akad dapat Visualizzati di recente (Gaib) Tidak. Jual beli sesuatu sebelum dipegang i. Jual beli buah-Buahan atau tumbuhan apabila Belum terdapat buah, disepakati Tidak ada AKAD. Setelah ada buah, tetapi Belum Matang, akadnya fasid. 10. Terlarang Sebab Syara8217. Jenis Jual beli yang dipermasalahkan sebab syara8217 nya diantaranya Adalah. 183 Jual beli riba 183 Jual beli dengan uang dari barang yag diharamkan. Contohnya Jual beli Khamar, anjing, bangkai. 183 Jual beli barang dari Hasil pencegatan barang yakni mencegat pedagang Dalam perjalanannya menuju Tempat yang dituju sehingga orang yang mencegat barang ITU mendapatkan keuntungan. 183 Jual beli waktu adzan jum8217at. Terlarang dikarena Bagi laki-laki yang melakukan transaksi Jual beli dapat mengganggukan aktifitas kewajibannya sebagai musulmano Dalam mengerjakan Shalat jum8217at. 183 Jual beli Anggur untuk dijadikan Khamar. 183 Jual beli barang yang Sedang dibeli Laing Oleh orang. Jual beli Hewan ternak yang Masih dikandung induknya Oleh. 2.5 Barang Yang Dilarang Diperjual Belikan Dalam Islam Islam melarang bentuk Jual beli yan mengandung tindak Bahaya bagi di Più semacam Jika BBM Naik, sebagian pedagang menimbun barang sehingga membuat Warga Sulit mencari minyak dan Hanya Bisa diperoleh dengan di prezzo yang relatif Mahal. Begitu pula Segala bentuk penipuan dan pengelabuan Dalam Jual beli menjadikannya terlarang. Saat ini kita akan Melihat bahasan sebagai tindak lanjut dari tulisan sebelumnya mengenai bentuk Jual beli yang terlarang. Sebagai agama yang lengkap Telah memberikan petunjuk lengkap tentang perdagangan, termasuk didalamnya barang-barang yang Tidak Boleh diperjualbelikan. Sebagai pengusaha muslimsudah sepantasnya kita mempelajari masalah ini agar terhindar dari Perniagaan yang haram dan tidak di ridhoi Allah. L'Islam Adalah Agama yang syamil, Yang mencangkup Segala permasalahan manusia, tak terkecuali dengan Jual beli. Jual beli Telah disyariatkan Dalam Islam dan hukumnya mubah atau boleh, berdasarkan Al Quran, Sunna, ijma8217 dan Dalil aqli. Allah l'Altissimo membolehkan Jual-beli agar dapat manusia memenuhi kebutuhannya Selama Hidup di dunia ini. Namun Dalam melakukan Jual-beli, tentunya ada ataupun ketentuan-ketentuan condizioni Costi-yang condizioni Costi Harus dipatuhi dan tidak Boleh dilanggar. Seperti Jual beli yang dilarang yang akan Kita Bahas ini, menyelahi Karena Telah aturan dan ketentuan Dalam Jual beli, dan tentunya merugikan Salah satu pihak, Maka Jual beli tersebut dilarang. Diantara Jual beli yang dilarang Dalam islam tersebut Antara rimasto: 1. Jual Beli yang diharamkan Tentunya ini Sudah Jelas sekali, menjual barang Yang diharamkan Dalam Islam. Jika Allah Sudah mengharamkan sesuatu, Maka Dia Juga mengharamkan Hasil penjualannya. Seperti menjual sesuatu yang terlarang Dalam Agama. Rasulullah Telah melarang menjual bangkai, khamr, Babi, patung dan lain sebagainya yang bertentangan dengan Syariah Islam. Begitu Juga Jual beli yang melanggar syar8217I yaitu dengan cara menipu. Menipu Barang yang sebenarnya cacat dan tidak LAYAK untuk dijual, tetapi cantato penjual menjualnya dengan memanipulasi seakan-Akan Barang tersebut sangat berharga dan berkualitas. Ini Adalah haram dan dilarang Dalam Agama, bagaimanapun bentuknya. 2. Barang yang Tidak ia Miliki. Misalnya, seorang pembeli Datang kepadamu untuk mencari barang tertentu. Tapi barang yang dia cari Tidak ada padamu. Kemudian ksmuente Dan pembeli saling Sepakat untuk melakukan akad dan menentukan di prezzo dengan dibayar sekian, sementara ITU barang Belum menjadi hak Milik ente (kamu) atau si penjual. Kemudian ent pergi membeli barang dimaksud dan menyerahkan kepada si pembeli. Jual beli seperti ini hukumnya haram, Karena si pedagang menjual sesuatu yang barangnya Tidak ada padanya, dan menjual sesuatu yang Belum menjadi miliknya, Rasulullah Shallallahu alayhi wa sallam Telah melarang cara berjual beli seperti ini. Istilah kerennya rivenditore. Dalam Suatu riwayat, Ada seorang sahabat Bernama Hakim bin Hazam Radhiyallahu anhu berkata kepada Rasulullah Shallallahu alayhi wa salalm. 8220Wahai, Rasulullah. Seseorang Datang kepadaku. Dia ingin membeli sesuatu dariku, sementara barang Yang dicari Tidak ada padaku. Kemudian AKU pergi ke pasar dan membelikan Barang itu8221. Rasulullah Shallallahu alayhi wa sallam bersabda. 1614 161416161618 1614 161416181614 1616161816141614 8220 Jangan menjual sesuatu yang ada Tidak padamu. HR Tirmidzi. 8220 Yang termasuk Jual-beli Hashat ini Adalah jika seseorang membeli dengan menggunakan Undian atau dengan adu ketangkasan, agar mendapatkan barang yang dibeli sesuai dengan Undian yang didapat. Sebagai contoh: Seseorang berkata: 8220 Lemparkanlah bola ini, dan barang Yang terkena lemparan bola ini kamu beli dengan di prezzo sekian8221. Jual beli yang Sering kita temui dipasar-pasar ini tidak sah. Karena mengandung ketidakjelasan dan penipuan. 4. Jual beli Mulamasah. Mulamasah artinya Adalah sentuhan. Maksudnya Jika seseorang berkata: 8220Pakaian yang Sudah kamu sentuh, berarti Sudah menjadi milikmu dengan di prezzo sekian8221. Atau 8220Barang yang kamu buka, berarti Telah menjadi milikmu dengan di prezzo sekian8221. Jual beli yang demikian Juga dilarang dan Tidak SAH, Karena Tidak ada kejelasan tentang sifat yang Harus diketahui dari calon pembeli. Dan didalamnya terdapat Unsur pemaksaan. 5. Jual Beli Najasy Bentuk praktek najasy Adalah sebagai berikut, seseorang Yang Telah ditugaskan menawar barang mendatangi penjual Lalu menawar barang tersebut dengan di prezzo yang Lebih Tinggi dari yang Biasa. Hal ITU dilakukannya dihadapan pembeli dengan tujuan memperdaya si pembeli. Sementara ia sendiri Tidak berniat untuk membelinya, Namun tujuannya semata-mata ingin memperdaya si pembeli dengan tawarannya tersebut. Ini termasuk bentuk penipuan. Dan Rasullulah S. A.W. Telah melarang perbuatan najasy ini seperti yang terdapat di Dalam hadist. Janganlah kamu melakukan praktek najasy, janganlah seseorang menjual di ATAS penjualan saudaranya, janganlah ia meminang di ATAS pinangan saudaranya dan janganlah seorang wanita meminta (suaminya) agar menceraikan madunya supaya APA yang ada Dalam bejana (madunya) beralih kepadanya, (HR Bukhari 2140 dan Muslim 1413). Tentunya Masih banyak sekali contoh-contoh modello atau Jual beli yang dilarang Dalam Agama, seperti Jual-beli yang menghalangi orang untuk melakukan sholat, khususnya diwaktu Jumat setelah adzan kedua sholat Jumat, Juga menjual barang sebelum diterima, kemudian makelar atau calo yang menjual dengan Barang di prezzo yang Lebih Tinggi dari di prezzo sekarang. Itu semua merupakan Jual-beli yang dilarang Dalam Islam. Semoga kita semua senantiasa terjaga Dalam bermuamalah dengan sesama, Selalu Waspada dan berhati-hati Dalam bertindak khususnya Dalam berdagang. Mari kita mensuri tauladani Nabi kita Muhammad SAW berdagang Dalam, beliau Selalu dipercayai Dalam setiap ucapan, dan perbuatannya Barang yang Tidak boleh diperjualbelikan: 1. Khamer (Minuman Keras) Dari Aisyah RA, berkata IA: Tatkala sejumlah Ayat Akhir Surat al-Baqarah Turun, Nabi ha visto keluar (menemui para sahabat) Lantas bersabda (kepada mereka), 8220Telah diharamkan Jual Beli arak.8221 (Muttafaqun8217alaih: Fathul Bari IV: 417 no: 2226, musulmano III: 1206 no: 1580, 8216Aunul Ma8217bud IX: 380 no: 3473 , Dan Nasa8217i VII: 308). 2. Bangkai, Babi dan Patung Dari Jabir bin Abdullah ra, bahwa ia pernah mendengar Rasulullah visto bersabda ketika Beliau di Mekkah pada waktu penaklukan kota Mekkah, 8220Sesungguhnya Allah dan Rasul-Nya Telah mengharamkan menjual arak, bangkai, babi dan patung.8221 Rasulullah visto ditanya, 8220Bagaimana pendapatmu tentang lemak bangkai, Karena itu untuk dipergunakan mengecat perahu-perahu, meminyaki kulit kulit-dan dijadikan penerangan Lampu Oleh orang-orang8221 Beliau Jawab, 8220Tidak boleh, Karena haram.8221 Kemudian Rasulullah visto pada waktu bersabda ITU, 8220Allah melaknat kaum Yahudi, Karena ketika Allah mengharamkan lemak bangkai, justeru mereka mencairkannya, Lalu menjualnya, kemudian mereka makan harganya.8221 (Muttafaqun 8216alaih: Fathul Bari IV: 424 no: 2236, musulmano III: 1207 no: 1581, Tirmidzi II: 281 no: 1315 , 8216Aunul Ma8217bud IX: 377 no: 3469, Ibn Maja II: 737 no: 2167 dan Nasa8217i VII: 309). Dari Abu Mas8217ud al-Anshari ra, bahwa Rasulullah visto anjing melarang di prezzo, Hasil melacur, dan upah dukun. (Muttafaqun 8216alaih: Fathul Bari IV: 426 no: 2237, musulmano III: 1198 no: 1567, 8216Aunul Ma8217bud IX: 374 no: 3464, Tirmidzi II: 372 no: 1293, Ibn Maja II: 730 no: 2159 dan Nasa8217i VII: 309). 4. Gambar yang Bernyawa Dari Sa8217id bin Abil Hasan, ia berkata. Ketika saya berada di sisi Ibnu Abbas ra Tiba-tiba datanglah kepadanya seorang laki-laki Lalu bertanya kepadanya 8220Ya Ibnu Abbas, dan sejatinya AKU berprofesi sebagai pelukis Foto & gambar ini.8221 Maka Ibnu Abbas berkata kepadanya, 8216Saya Tidak akan menyampaikan kepadamu melainkan apa yang saya dengan dari Rasulullah visto. Aku mendengar Beliau bersabda, 8220Barang Siapa Yang melukis satu gambar, Maka sesungguhnya Allah akan mengadzabnya hingga ia meniupkan ruh padanya, padahal ia Tidak mungkin Selam-lamanya meniupkan ruh padanya. 8221 Maka laki-laki ITU berubah dengan perubahan yang besar dan wajahnya menguning. Kemudian Ibnu Abbas berkata kepadanya, 8220Celaka engkau Jika engkau membangkang dan akan tetap meneruskan profesimu ini, Maka hendaklah engkau (menggambar) pepohonan ini dan segala sesuatu Yang Tidak bernyawa.8221 (Muttafaqun 8216alaih: Fathul Bari IV: 416 no: 2225 dan lafadz ini Bagi Imam Bukhari, Muslim III: 1670 no: 2110 dan Nasa8217i VIII: 215 Secara ringkas). 5. Buah-Buahan yang Belum Nyata Jadinya Dari Malik bin Anas ra, Dari Nabi ha visto, bahwa beliau melarang menjual buah-Buahan hingga nyata jadinya dan kurma hingga sempurna. Beliau ditanya, 8220Apa (Tanda) sempurnanya8221 Jawab Beliau 8220Berwarna merah atau kuning.8221 (Shahih: Shahihul Jami8217us Shaghir no: 6928 dan Fathul Bari IV: 397 no: 2167). Darinya (Malik bin Anas) ra, bahwa Rasulullah visto melarang buah-Buahan menjual sebelum sempurna. Kemudian Beliau ditanya, 8220Apa (Tanda) sempurnanya8221 Beliau menjawab, 8220Hingga berwarna merah.8221 Kemudian Rasulullah visto bersabda, 8220Bagaimana pendapatmu apabila Allah menghalangi buah itu untuk menjadi sempurna, Maka dengan Alasan apakah seorang di Antara kamu akan mengambil Harta saudaranya.8221 (Muttafaqun 8216alaih : Fathul Bari: IV: 398 no: 2198 dan lafadz ini Milik Imam Bukhari, Muslim III: 1190 no: 155 dan Nasa8217i VII: 264). 6. Biji-Bijian yang Belum Mengeras 8220Dari Ibnu Umar ra, bahwa Rasulullah visto melarang menjual buah kurma hingga nyata jadinya, Dan (melarang) menjual Gandum hingga berisi Serta Selamat dari Hama Beliau melarang penjualnya dan pembelinya.8221 (Shahih: Mukhtashar musulmano no: 917, musulmana III: 1165 no: 1535, 8216Aunul Ma8217bud IX: 222 no: 3352, Tirmidzi II: 348 no: 1245 dan Nasa8217i VII: 270). Hukum Jual beli pada dasarnya diperbolehkan Oleh AJARAN islam. Kebolehan ini didasarkan kepada kepada Firman Allah yang terjemahannya sebagai berikut: 82168217 janganlah kamu memakan harta diantara kamu dengan Jalan Batal melainkan dengan Jalan Jual beli, Suka Suka sama. 8221 (Q. S An-Nisa8217. 29) Dan Hadist Nabi SAW, Yang artinya sebagai berikut. 8220 Bahwa Nabi SAW ditanya tentang, mata pencaharian apakah yang paling Baik. jawabnya. seseorang yang bekerja dengan tangannya sendiri dan setiap Jual beli yang bersih8221. (H. R. Al-Bazzar) Dalam pada ITU ulama Sepakat mengenai kebolehan berjual beli ini sebagai salah Satu Usaha yang Telah dipraktekkan semenjak masa Nabi SEGA hingga saat sekarang ini. Rukun Dan condizioni Costi Untuk Syah Nya Jual beli yang dilakukan diperlukan beberapa Rukun dan condizioni Costi yang Harus dipenuhi, yaitu. penjual Dan pembeli dengan condizioni Costi. un. Berakal, Bagi yang gila, bodoh dan lainnya Tidak Syah melakukan Jual beli. b. Kehendak sendiri, Bukan Karena dipaksa. c. Keadaannya Tidak mubazir (pemboros), orang pemberos hartanya dibawah Wali. Barang-Barang yang terlarang diperjualbelikan Keharaman memperjualbelikan barang-barang tersebut didasarkan kepada hadist Nabi SAW, Yang artinya sebagai berikut: 8220dan sesungguhnya allah, apabila mengharamkan makan sesuatu kapada Suatu kaum, Maka mengharamkan pula harganya. assalammualaikum pak saya mau Tanya 1. bolehkan Secara hukum islam atau negara seorang Anak membeli Tanah orang yang tuanya sekarang berumur 86a. 2. dasar hukum DLM islam jualbeli Tanah Antara Anak yang Waras dengan orang tuanya yng berumur 86th yang dilakukan dengan mengiming2kan Suatu Saat quotbila Tanah ITU laku orangtuanya diberikan fx 5juta perbulan. 3. sementara Anak ITU tidakpunya uang untuk membeli Tanah orangtuanya dan sementara orangtuanya punya 7 orang Anak. 4. syahkah menurut hukum islam dan juga negara bila seorang Anak mebeli Tanah orangtuanya di Notaris Hanya Ada Anak ITU dan orangtuannya. terimakasih Bapak wasallam Rebat FBS TERBESAR 8211 Dapatkan pengembalian Rebat atau Komisi hingga 70 dari setiap transaksi yang anda lakukan baik maupun profitto perdita, sekarang bergabung Juga dengan kami forex trading fbsasian ----------------- Kelebihan Broker Forex FBS FBS 1. MEMBERIKAN fx di deposito HINGGA 100 SETIAP DEPOSITO ANDA 2. FBS MEMBERIKAN fx 5 dollari HADIAH pembukasu Akun 3. SPREAD FBS 0 untuk Akun ZERO SPREAD 4. GARANSI KEHILANGAN DANA DEPOSITO HINGGA 100 5. DEPOSITO DAN PENARIKAN DANA MELALUI BANL LOKAL Indonesia Dan banyak Lagi Yang lainya Buka akun anda di fbsasian ----------------- Jika membutuhkan bantuan hubungi kami melalui: Tlp. 085364558922 BBM. fbs2009 Ingin beruntung seperti temen-temen kamu Langsung saja kamu mendaftar di AsliBandar dan rasakan permainan yang akan membuat hidupmu berwarna. Dengan Deposito yang terjangkau kamu berkesempatan menangkan Jackpot setiap harinya. Ingin beruntung seperti temen-temen kamu Langsung saja kamu mendaftar di AsliBandar dan rasakan permainan yang akan membuat hidupmu berwarna. Dengan Deposito yang terjangkau kamu berkesempatan menangkan Jackpot setiap harinya. Untuk Info Lebih lanjut silahkan menghubungi kami melalui. Pin BB. 2B3C34F4 YM. AslibandarCS Skype. AsliBandar telp. 855882388666 FB. AsliBandar Hai ragazzi kami dari RAJASAKTI gioco web terbaru dengan design classico dan tampilan tavolo yang utente morbido serta friendly. Memberikan FREECHIP GRATIS Tanpa deposito Hanya dengan posta poto berikut kalimat ini dan teman tag kamu di facebook sebanyak 30 orang. FREECHIP Hanya untuk 100 orang Pertama sebesar 5000 RAJASAKTI Agen gioco on-line terpercaya Tanpa tipu2. RAJASAKTI Adalah gioco di poker online dengan uang Asli di Asia, aman dan Mudah seperti poker chip Facebook dapat diuangkan Kapan Saja. giocatore contro giocatore Sistem 100, dan Bisa menjadi Bandar Dalam permainan dengan sistem gioco tercepat dan terbaik. GIOCO RAJASAKTI (POKER, CEME, CAPSA Susun, CAPSA BANTING, REMI, Qiuqiu) contattarci a: WA: 855.889.908.908 SMS: 855.889.908.908 Linea: CSRAJA wechat: CSRAJA BBM: CSRAJA Facebook. RAJA SAKTI Twitter. CSRAJASAKTI informazioni Lebih contatto lanjut ke kami. ditunggu ya bos-bos sekalian. Hukum Forex Dalam Islam Antara Halal dan Haram Hukum Forex Dalam Islam Antara Halal dan Haram Forex (Foreign Exchange) ni Adalah sistem Jual beli mata Wang Yang Asing mana kita sendiri Tahu akan berubah dari semasa ke semasa mengikut kedudukan Ekonomi sesebuah Negara. Hukum Forex Dalam Islam Antara Halal dan Haram Sebenarnya AKU memang dah agak Meals akan ada yang bertanya mengenai hukum Dalam FOREX ni dan AKU dah Kaji benda ni dahulu sebelum AKU menceburi dan mempelajari ilmu tentang Analisis Dalam Dunia forex ni. Ini Adalah susulan daripada Entri AKU yang bertajuk test forex kali Pertama menggunakan akaun demo tempoh Hari. Antara kajian yang aku lakukan Adalah Meng google hukum mengenai forex Dalam islam dan AKU dapati kebanyakkannya berkongsi mengenai isi yang sama iaitu fatwa yang dikeluarkan Oleh Jawatankuasa Fatwa Kebangsaan yang dikeluarkan sekitar pertengahan tahun Lalu. Hukum Forex. Haram atau Halal Kota Bharu: Jawatankuasa Fatwa Kebangsaan memutuskan UMAT Islam haram mengamalkan sistem Perniagaan pertukaran wang Asing. Pengerusi Jawatankuasa itu, Tan Sri Dr Abdul Shukor Husin, berkata ini kerana Perniagaan yang dilakukan melalui pertukaran Wang Asing (forex) seperti ITU Tidak menepati hukum syarak dan menimbulkan keraguan di kalangan UMAT Islam. 8220Hasil kajian Jawatankuasa ini, Kita dapati Perniagaan yang membabitkan pertukaran Wang Asing membabitkan spekulasi mata Wang Dan ini bercanggah dan berlawanan dengan hukum Islam.8221 8220Oleh ITU, Jawatankuasa Fatwa Kebangsaan memutuskan bahawa UMAT Islam diharamkan daripada mengamalkan sistem Perniagaan cara demikian, 8221 katanya kepada pemberita selepas mempengerusikan mesyuarat Jawatankuasa Fatwa Kebangsaan Ke-98 di Sini hari ini. Abdul Shukor berkata, banyak ISU Yang meragukan mengenai Perniagaan pertukaran Wang Asing, Oleh UMAT ITU Islam Tidak Perlu menceburkan Diri, tambahan pula kegiatan ITU membabitkan penggunaan internet di kalangan individu yang menyebabkan Untung Rugi Tidak menentu. 8220 Lain-lain Jenis Perniagaan pertukaran Wang Asing, seperti melalui pengurup Wang atau dari banca ke banca dibenarkan. kerana ia Tidak menimbulkan spekulasi mata Wang atau Untung Rugi yang Tidak menentu, 8221 katanya. Beliau berkata, keputusan lain Yang turut dicapai Dalam mesyuarat ITU ialah mengharuskan UMAT Islam membuat pelaburan atau membuat Simpanan melalui Skim Sijil Simpanan Premium yang dikendalikan Banca Simpanan Nasional (BSN). Katanya, keputusan ITU dibuat selepas jawatankuasa berkenaan berpuas hati dengan kaedah pelaksanaannya melalui taklimat yang disampaikan Oleh pihak syariah penale Bank Negara pada muzakarah ITU. 8220Pada mulanya, Kita meragui tentang kaedah pelaksaaan scremare itu kita tetapi berpuas hati selepas sistem Perniagaan scremato ITU ditukar konsep Islam iaitu Mudharabah, 8221 katanya. 8211 BERNAMA Penjelasan Ustaz Hj Zaharuddin Tentang FOREX Kepada yang Masih kurang Jelas, AKU Harap sangat Korang dapat tengok sendiri dahulu dan Dengar penjelasan daripada beliau mengikut hukum FOREX Dalam islam. Beliau Adalah orang yang Mahir dengan sistem forex yang dijalankan Oleh banca-banca di seluruh Malesia dan melabelkan sistem forex ini ada dua cara. Jom saksikan. Lagi Ulasan daripada Pakar Ekonomi islam: Ulasan: Artikel mengenai fatwa yang dikeluarkan Oleh Jawatankuasa Fatwa Kebangsaan ITU langsung Tidak menceritakan tentang sistem forex yang sebenarnya seperti mana yang diterangkan Oleh Ustaz Zahiruddin. Dalam artikel Di ATAS, punto Yang Yang Pertama menyebabkan Untung Rugi Tidak menentu ITU LANGSUNG Tidak boleh dipakai kerana Dalam Perniagaan ITU sendiri mana ada yang Untung setiap masa dan semestinya Untung Rugi ITU Pasti Ada. Punto yang kedua pula Lain-lain Jenis Perniagaan pertukaran Asing Wang, seperti melalui pengurup Wang atau dari banca ke banca dibenarkan. Sedar atau Tidak, Perniagaan wang pertukaran Asing ITU sebenarnya Adalah sama dengan Adalah Forex (Foreign Exchange) Yang dilakukan Oleh commerciante. Cuma perbezaannya ialah cara mata Wang ITU ditukarkan. Ia seolah-Olah membenarkan APA yang Baru sahaja diperkatakan salah. Aku sendiri sebenarnya tak berapa Suka dengan Informasi yang dikongsikan mezzi Dalam Massa kat Malesia ni sebab kebanyakkannya ditokok tambah untuk kepentingan sendiri sekalipun Dalam soal hukum. Punto yang ketiga, yang tak boleh bla, eun digalakkan untuk melabur Dalam Sijil Simpanan Premium (SSP) Yang seolah-Olah mempromosi orang ramai untuk menggunakan sistem ITU daripada pihak banca BSN. Yang ini tiada kena mengena dengan hukum FOREX. Sila abaikan. Aku Lebih Gemar untuk mendapatkan penjelasan kalau berkenaan dengan hukum islam daripada Ustaz atau Ahli ulama yang mempunyai dua perkara. Yang Pertama beliau haruslah sangat Arif Dalam hukum Hakam agama islam. Kedua beliau mempunyai pengalaman dan sememangnya serba Tahu tentang sesuatu perkara ITU sebelum membuat andaian mengikut hukum syarak. Bukanlah maksudnya AKU memandang rendah dengan fatwa yang dikeluarkan olehJawatankuasa Fatwa Kebangsaan tetapi alangkah baiknya kalau disertakan dengan Fakta yang sebenar seperti mana yang diperkatakan Oleh Ustaz Zahiruddin il video Dalam tersebut. Secara keseluruhannya, FOREX ITU ada halal dan haramnya mengikut keadaan tersebut dan untuk pengetahuan anda semua, dinamakan trading spot dan bukannya di trading in avanti kebiasaannya commerciante FOREX ini Hanya mengamalkan commercio mata Wang Secara sendiri dengan membuat analisa yang mantap sebelum melakukan commercio dan ini. Apa posto ITU commercio di Dan in avanti negoziazione ni Jadi APA hukum FOREX yang sebenarnya Segalanya ada diceritakan Dalam il video Selama 7 minit Lebih di ATAS. Ayat palizzata AKU Suka, Jangan Bagi fatwa yang generale, yang Umum. Contoh macam hukum Makan Ayam. Halal ke tak Mestilah halal. Tapi kalau tak sembelih dengan cara islam Halal ke haram Sama Sahaja dengan hukum FOREX ini. ) Buka akaun commercio percuma dan dapatkan fx. Fatwa MUI Tentang Jual Beli Mata Uang (AL-Sharf) Pertanyaan Yang PASTI ditanyakan Oleh setiap commerciante di Indonesia. 1. Apakah Forex Trading Haram 2. Apakah Forex Trading Halal 3. Apakah Forex Trading diperbolehkan Dalam Agama Islam 4. Apakah SWAP ITU Mari kita Bahas dengan artikel yang Pertama. Forex Dalam Hukum Islam Dalam bukunya Prof. Dott. Masjfuk Zuhdi yang berjudul Masail FIQHIYAH kapita Selecta Hukum Islam, diperoleh bahwa Forex (Perdagangan Valas) diperbolehkan Dalam hukum islam. Perdagangan Valuta Asing Timbul Karena adanya perdagangan barang-barang kebutuhankomoditi Antar negara yang bersifat Internasional. Perdagangan (Ekspor-Impor) ini tentu memerlukan alat Bayar yaitu Uang Yang Masing-Masing Negara mempunyai ketentuan sendiri dan Berbeda Satu sama lainnya sesuai dengan penawaran dan permintaan diantara Negara-Negara tersebut sehingga Timbul PERBANDINGAN Nilai MATA Uang Antar Negara. Perbandingan Nilai mata uang antar negara terkumpul Dalam Suatu BURSA atau PASAR yang bersifat internasional dan terikat Dalam Suatu kesepakatan bersama yang Saling menguntungkan. Nilai mata uang Suatu Negara Negara dengan lainnya ini berubah (berfluktuasi) setiap Saat sesuai volume di permintaan dan penawarannya. Adanya permintaan Dan penawaran Inilah yang menimbulkan transaksi mata uang. Yang Secara nyata hanyalah Tukar-menukar mata uang yang Berbeda Nilai. Hukum ISLAM Dalam TRANSAKSI Valas 1. Ada Ijab-Qobul. --- Gt Ada perjanjian untuk memberi dan menerima Penjual menyerahkan barang dan pembeli membayar Tunai. Ijab-Qobulnya dilakukan dengan Lisan, tulisan dan Utusan. Pe mbeli Dan penjual mempunyai wewenang Penuh melaksanakan dan melakukan tindakantindakan hukum (dewasa Dan berpikiran Sehat) 2. Memenuhi condizioni Costi menjadi objek transaksi Jual-beli yaitu: Suci barangnya (najis Bukan) dapat dimanfaatkan dapat diserahterima kan Jelas barang dan harganya Dijual (dibeli) Oleh pemiliknya sendiri atau kuasanya atas izin pemiliknya Barang Sudah berada ditangannya jika barangnya diperoleh dengan imbalan. Perlu ditambahkan pendapat Muhammad Isa, bahwa Jual beli Saham ITU diperbolehkan Dalam Agama. Jangan kamu membeli ikan Dalam aria, Karena sesungguhnya Jual beli yang demikian ITU mengandung penipuan. (Hadis Ahmad bin Hambal dan Al Baihaqi Dari Ibnu Masud) Jual Beli barang yang Tidak di Tempat transaksi diperbolehkan dengan condizioni Costi Harus diterangkan sifatsifatnya atau Ciri-cirinya. Kemudian Jika Barang sesuai dengan keterangan penjual, Maka sahlah Jual belinya. Tetapi Jika Tidak sesuai maka pembeli mempunyai hak khiyar, artinya boleh meneruskan atau membatalkan Jual belinya. Hal ini sesuai dengan hadis Nabi riwayat Al Daraquthni Dari Abu Hurairah: Barang Siapa yang membeli sesuatu yang ia melihatnya Tidak, Maka ia berhak khiyar jika ia Telah melihatnya. Jual beli Hasil tanam yang Masih terpendam, seperti ketela, kentang, Bawang dan sebagainya Juga diperbolehkan, Asal diberi contohnya, Karena akan mengalami kesulitan atau kerugian jika Harus mengeluarkan semua Hasil tanaman yang terpendam untuk dijual. Hal ini sesuai dengan Kaidah hukum Islam: Kesulitan itu menarik kemudahan. Demikian Juga Jual Beli barang-barang yang Telah terbungkustertutup, seperti makanan kalengan, GPL, dan sebagainya, asalkam etichetta diberi yang menerangkan isinya. Vide Sabiq, op. cit. Hal. 135. Mengenai teks Kaidah hukum Islam tersebut di ATAS, vide Al Suyuthi, Al Ashbah wa al Nadzair, Mesir, Mustafa Muhammad 1936 Hal. 55. JUAL BELI VALUTA Asing DAN Saham Yang dimaksud dengan Valuta Asing Adalah mata uang Luar Negeri seperi dolar Amerika, poundsterling Inggris, ringgit Malesia dan sebagainya. Apabila antara Negara terjadi perdagangan internasional maka TIAP Negara membutuhkan Valuta Asing untuk alat Bayar Luar Negeri yang Dalam dunia perdagangan disebut Devisa. Misalnya eksportir Indonesia akan memperoleh Devisa dari Hasil ekspornya, sebaliknya importare, Indonesia memerlukan Devisa untuk mengimpor dari Luar Negeri. Dengan demikian Timbul akan penawaran dan perminataan di borsa Valuta Asing. setiap Negara berwenang Penuh menetapkan Kurs uangnya Masing-Masing (Kurs Adalah perbandingan nilai uangnya terhadap mata uang Asing) misalnya 1 dolar Amerika Rp. 12.000. Namun Kurs uang atau perbandingan nilai Tukar setiap Saat Bisa berubah-Ubah, tergantung pada kekuatan ekonomi Negara Masing-Masing. Kurs Pencatatan uang dan transaksi Jual beli Valuta Asing diselenggarakan di Bursa Valuta Asing (AWJ Tupanno, et al Ekonomi dan Koperasi, Jakarta, Depdikbud 1982 Hal 76-77..) FATWA MUI tentang PERDAGANGAN Valas Fatwa Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia No: 28DSN-MUIIII2002 tentang Jual Beli Mata Uang (al-Sharf) a. Bahwa Dalam sejumlah kegiatan untuk memenuhi berbagai keperluan, seringkali diperlukan transaksi Jual-beli mata uang (al-Sharf), Baik Antar Mata Uang sejenis maupun Antar mata Uang berlainan Jenis. b. Bahwa Dalam URF tijari (Tradisi perdagangan) transaksi Jual Beli mata uang dikenal beberapa bentuk transaksi yang stato hukumnya Dalam pandangan AJARAN Islam Berbeda Antara Satu bentuk dengan bentuk rimasto. c. Bahwa agar kegiatan transaksi tersebut dilakukan sesuai dengan AJARAN Islam, DSN memandang Perlu menetapkan fatwa tentang al-Sharf untuk pedoman dijadikan. 1. Firman Allah, QS. Al-Baqarah2: 275:. Dan Allah Telah menghalalkan Jual beli dan mengharamkan riba. 2. Hadis Nabi riwayat al-Baihaqi dan Ibn Maja dari Abu Said al-Khudri: Rasulullah SAW bersabda, Sesungguhnya Jual beli ITU Hanya Boleh dilakukan ATAS dasar kerelaan (Antara kedua Belah pihak) (HR albaihaqi Dan Ibn Maja, dan dinilai shahih Oleh. Ibnu Hibban). 3. Hadis Nabi Riwayat musulmano, Abu Daud, Tirmidzi, Nasai, dan Ibn Maja, teks dengan musulmana dari Ubadah bin Shamit, Nabi ha visto bersabda: (Juallah) EMAS dengan EMAS, Perak dengan Perak, Gandum dengan Gandum, Syair dengan Syair, kurma dengan kurma, dan garam dengan garam (Denga condizioni Costi Harus) sama dan sejenis Serta Secara Tunai. Jika jenisnya Berbeda, juallah sekehendakmu Jika dilakukan Secara Tunai .. 4. Hadis Nabi riwayat musulmana, Tirmidzi, Nasai, Abu Daud, Ibn Maja, dan Ahmad, dari Umar bin Khattab, Nabi ha visto bersabda: (Jual-beli) EMAS dengan Perak Adalah Riba kecuali (dilakukan) Tunai Secara. 5. Hadis Nabi riwayat musulmano dari Abu Said al-Khudri, Nabi ha visto bersabda: Janganlah kamu menjual EMAS dengan EMAS kecuali sama (nilainya) Dan janganlah menambahkan sebagian atas sebagian di Più janganlah menjual Perak Perak dengan kecuali sama (nilainya) Dan janganlah sebagaian menambahkan ATAS sebagian di Più dan janganlah menjual EMAS dan Perak tersebut yang Tidak Tunai dengan yang Tunai. 6. Hadis Nabi riwayat musulmano dari Bara bin Azib dan Zaid bin Arqam. Rasulullah visto melarang menjual Perak dengan EMAS Secara piutang (Tidak Tunai). 7. Hadis Nabi riwayat Tirmidzi dari Amr bin Auf: Perjanjian dapat dilakukan di Antara kaum Muslimin, kecuali perjanjian Yang Yang mengharamkan atau halal menghalalkan yang haram dan kaum Muslimin terikat dengan condizioni Costi-condizioni Costi mereka kecuali condizioni Costi Yang Yang mengharamkan atau halal menghalalkan yang haram. 8. Ijma. Ulama Sepakat (ijma) bahwa AKAD al-Sharf disyariatkan dengan condizioni Costi-condizioni Costi tertentu 1. Surat dari pimpinah Unità Usaha Syariah Bank BNI no. UUS2878 2. Pendapat peserta Rapat Pleno Dewan Syariah Nasional pada Hari Kamis, tanggal 14 Muharram 1423H 28 Maret 2002 Dewan Syariah Nasional Menetapkan. FATWA Tentang JUAL BELI MATA Uang (AL-Sharf). Pertama. Ketentuan Umum Transaksi Jual beli mata uang pada prinsipnya boleh dengan ketentuan sebagai berikut: 1. Tidak untuk spekulasi (Untung-untungan). 2. Ada kebutuhan transaksi atau untuk berjaga-Jaga (Simpanan). 3. Apabila transaksi dilakukan terhadap mata uang sejenis maka nilainya Harus sama dan Secara Tunai (at-taqabudh). 4. Apabila berlainan Jenis maka Harus dilakukan dengan nilai Tukar (Kurs) yang berlaku pada Saat transaksi dan Secara Tunai. Kedua. Jenis-Jenis transaksi Valuta Asing 1. Transaksi SPOT, yaitu transaksi pembelian dan penjualan Valuta Asing untuk penyerahan pada Saat ITU (over the counter) atau penyelesaiannya palizzata lambat Dalam jangka waktu dua Hari. Hukumnya Adalah boleh, Karena dianggap Tunai, sedangkan waktu dua hari dianggap sebagai prose penyelesaian yang Tidak Bisa dihindari dan merupakan transaksi Internasional. 2. Transaksi AVANTI, yaitu transaksi pembelian dan penjualan Valas yang nilainya ditetapkan pada Saat sekarang dan diberlakukan untuk waktu yang akan Datang, Antara 2x24 marmellata sampai dengan satu tahun. Hukumnya Adalah haram, Karena di prezzo Yang digunakan Adalah di prezzo Yang diperjanjikan (muwaadah) Dan penyerahannya dilakukan di kemudian hari, padahal di prezzo pada waktu penyerahan tersebut Belum tentu sama dengan Nilai yang disepakati, kecuali dilakukan Dalam bentuk avanti accordo untuk kebutuhan yang Tidak dapat dihindari (lil hajah) 3. Transaksi SWAP yaitu Suatu kontrak pembelian atau penjualan Valas dengan di prezzo posto yang dikombinasikan dengan pembelian Antara penjualan Valas yang sama dengan di prezzo in avanti. Hukumnya haram, Karena mengandung Unsur Maisir (spekulasi). 4. Transaksi OPZIONE yaitu kontrak untuk memperoleh hak Dalam Rangka membeli atau hak untuk menjual yang Tidak Harus dilakukan atas sejumlah unità Valuta Asing pada di prezzo dan jangka waktu atau tanggal Akhir tertentu. Hukumnya haram, Karena mengandung Unsur Maisir (spekulasi). Ketiga. Fatwa ini berlaku sejak tanggal ditetapkan, dengan ketentuan Jika di kemudian hari ternyata terdapat kekeliruan, diubah akan dan disempurnakan sebagaimana mestinya. di Ditetapkan. Jakarta Tanggal. 14 Muharram 1423 H 28 Maret 2002 m DEWAN Syariah NASIONAL - Majelis Ulama Indonesia

Comments